Bupati Lambar Resmikan Sekolah Kopi Di Desa Suka Jaya

0
36

Lampung Barat – Tepatnya Hari ini, Selasa (29/12/2020). Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus meresmikan sekolah kopi yang merupakan satu satunya yang ada di Indonesia.

Sekolah kopi ini berada di Pekon Suka Jaya Kecamatan Sumber Jaya. Dimana, peresmian sekolah kopi ini ditandai dengan Pembukaan tirai penutup papan nama sekolah kopi oleh Bupati Parosil dan pemotongan Pita oleh Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus.

Pada kesempatan ini juga Bupati Parosil penyerahkan Bantuan kepada ketua Kelompok tani dan pelaku usaha di bidang perkebunan dan peternakan berupa Satpras Mesin pembubuk kopi, Mesin pemotong rumput, Satpras Bangunan UPH, alat Pengelola hasil perkebunan, Satpras Bangunan Pasca Panen, alat pasca Panen, Benih Kopi, Benih Kakao, Benih Lada dan Benih Pala.

Dimana Penyerahan ini disaksikan langsung oleh Staf Ahli, Kepala Disbunnak Lambar Agustanto Basmar, Kepala Disporapar Tri umaryani, Kadis PUPR Sudarto dan OPD terkait, Perwakilan Kejari Lambar, Perwakilan Polres Lambar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Camat Sumber Jaya.

Melalui Sambutannya Bupati Parosil menyampaikan Peningkatan kualitas dan produksi Kopi Robusta Lampung Barat adalah prioritas yang harus di lakukan demi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan petani yang salah satunya adalah memberikan edukasi serta pendidikan kepada masyarakat terkait dengan kopi.

“Sekolah Kopi ini merupakan salah satu bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) yang nantinya akan menunjang peningkatan produksi dan kualitas kopi robusta di Kabupaten Lambar,” Ungkapnya.

Lanjutnya, “Sekolah Kopi yang ada di Lampung Barat ini merupakan Sekolah Kopi Pertama dan satu satunya yang ada di Indonesia, sehingga Bupati Berharap dengan adanya sekolah kopi tersebut masyarakat Lampung Barat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia dan dapat memunculkan Inovasi-inovasi baru terkait kopi”. Ucapnya.

Diketahui Sekolah kopi tersebut pada rencana pengembangan Agro Tekno Park Kopi Robusta Liwa Lampung (ATP Korolla) terdapat beberapa kawasan dan fasilitas pendukung sebagai Kawasan kebun (kebun induk, kebun produksi dan kebun entres), kopi robusta yang menyajikan berbagai klon yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

Kemudian, Kawasan demplot pengelolaan pertanian terpadu berbasis kopi, Workshop pengelolaan panen dan paska panen kopi, Gudang penyimpanan kopi, Cafe dan restauran, Pusat informasi dan etalase kopi Lampung Barat serta Sarana dan prasarana seperti jalan, lahan parkir. Tutupnya

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat Agustanto Basmar, SP.,M.Si., mengatakan bahwa, Sekolah Kopi merupakan kawasan Agro Tekno Park Kopi Robusta Liwa Lampung Barat (ATP Korolla) yang merupakan pengembangan dari Kebun Induk Kopi Lampung Barat.

“Agro Tekno Park Kopi Robusta Liwa Lampung Barat (ATP Korolla) dikembangkan sebagai kawasan atau zona yang dapat berfungsi sebagai etalase/sarana promosi/informasi kopi robusta Indonesia, pusat study kopi robusta, dan sebagai obyek wisata kopi Lampung,” Ucapnya.

Diketahui, Pada Tahun 2017 telah dilakukan penanaman kawasan kebun yaitu Kebun Induk 0,5 Ha, Kebun Produksi 2,63 Ha dan Kebun Entres 0,5 Ha yang saat ini sudah memasuki tahun ke-3 pemeliharaannya.

Kemudian tujuan dari pembangunan Sekolah Kopi Lampung Barat diantaranya adalah untuk mencapai beberapa hal yang diantaranya adalah Adanya pusat penelitian, pelatihan dan edukasi komoditas kopi untuk meningkatkan produksi dan mutu biji kopi.

Selanjutnya sebagai sarana promosi produk kopi, tersedianya fasilitas laboratorium kopi berstandar untuk pengujian kualitas mutu kopi dan klinik bisnis, menjadi percontohan bagi pemerintah di daerah lain dalam profesional, fasilitas roasting kopi berstandar dan galeri dari produksi kopi masyarakat yang sudah dikurasi.

“Memperkuat branding Surga Kopi yang selama ini dibangun, Memiliki alternatif tempat atau media untuk performance seperti pementasan musik dan kegiatan seni budaya lain dengan lokasi menarik dengan konsep desain kopi yang kuat,” Tutupnya. (Jef)