Bupati Terjun Langsung Beri Penyuluhan Antisipasi PMK Pada Hewan

0
55

Lampung tengah – Merebaknya penyakit Mulut dan Kaki pada sapi di Indonesia membuat Bupati Lampung Tengah melakukan Gerak cepat dengan mengantisipasi agar penyakit hewan tersebut tidak masuk di wilayah Lampung Tengah, Bupati langsung turun dan memberikan penyuluhan kepada kelompok ternak di Seputih Agung dan Terbanggi Besar , Minggu 15 Mei 2022.

Penyakit Mulut dan Kuku saat ini banyak menyerang sapi diwilayah Pulau Jawa, yang mengakibatkan Kematian cepat pada sapi, untuk itu Bupati Lampung Tengah langsung mengintruksikan Dinas terkait untuk melakukan langkah cepat dan akan segera membentuk Satgas Khusus penanganan Penyakit Mulut dan Kuku pada sapi. Nantinya satgas tersebut akan berkoordinasi dengan para Camat, Lurah, Kepala Kampung dan kelompok peternak untuk melakukan pencegahan sejak dini.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad berharap nantinya satgas yang akan dibentuk ini akan bekerja dengan cepat mengantisapi hal ini, mulai dari memeriksa setiap hewan di tiap kelompok tani dan mengawasi hewan yang akan masuk dan keluar dari Lampung Tengah. Mengingat Lampung Tengah merupakan Penghasil Hewan ternak terbesar se Provinsi Lampung.

Lebih lanjut Bupati menghimbau kepada peternak untuk menjaga kebersihan kandang, memvaksin hewan ternak, pemberian disenfektan dan saling berkoordinasi dengan pihak terkait apabila nantinya di temukan penyakit PMK tersebut di Lampung Tengah, mengingat kedepan akan adanya hari raya Idul Adha maka dari itu satgas harus bekerja semaksimal mungkin untuk menghadapi san mencegah penyakit PMK tersebut. (Adv)