IKAM LAMTIM Gelar Bina Desa, Ciptakan Inovasi Budidaya Aquaponik

0
252

Lampung Timur – Ikatan Mahasiswa Lampung Timur (IKAM LAMTIM) Melakukan kegiatan Bina Desa Yang diselenggarakan di Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung, Lampung Timur. (5-6 Februari 2022) Kemarin.

Ketua Pelaksana, Kevin Kurniawan Wijaya menyampaikan “Kegiatan bina desa dilakukan karena itu salah satu program kerja departemen Sosial masyarakat untuk menuju desa madani. Lewat bina desa ini diharapkan mahasiswa dapat membantu masyarakat untuk mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada.

Kegiatan ini dibuka oleh bupati Lampung Timur yang diwakilkan oleh kepala dinas pendidikan & kepemudaan Lampung Timur yang dihadiri oleh camat yang diwakili sekretaris kecamatan Gunung Pelindung, kepala desa Pelindung Jaya, kepala Dusun Pelindung Jaya, dan pesertanya yaitu masyarakat desa Pelindung Jaya.

“Kegiatan Bina Desa Ikam Lamtim ini di beri Tema ” Menciptakan Kemandirian pangan Melalui Inovasi Budidaya Aquaponik” yang di laksanakan dengan tujuan agar Pemanfaatan lahan warga yang cukup mini dapat bermanfaat, setidaknya mengurangi daya beli yang konsumtif dan lebih banyak menghasilkan manfaat”, Ujar kevin.

Sebanyak 70 Anggota dilibatkan dalam kegiatan Bina Desa dengan Target 1000 bibit sayuran dan 600 ekor bibit ikan Lele yang di budidayakan.

Menurut M. Nur Alfan Latar Belakang kegiatan Bina Desa Ini yakni, karna terlalu banyak pekarangan atau lahan warga yang jarang sekali dimanfaatkan, dan juga sekaligus memperkenalkan Inovasi baru dalam membudidayakan perikanan. Walaupun di desa biasa menggunakan kolam yang luas.

Dengan semakin berkembangnya Zaman maka seharusnya bisa berjalan dengan beriringan mengikuti perkembangan zaman yang terus bergerak maju.

“Inilah yang mendorong Ikatan Mahasiswa Lampung Timur mengadakan kegiatan tersebut”

“Adapun tujuan yang utama adalah supaya kegiatan ini bisa memberikan kebermanfaatan bagi diri sendiri sekitar dan Masyarakat setempat. Karna sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain “. Kata Nur Alfan. (IKAM/Red)