Ketua AWPI Lampung Tengah Berharap Pemerintah berikan Perhatian Lebih Kepada Wartawan

0
650

Lampung Tengah (Aernetnews.com) – Ketua Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) cabang Kabupaten Lampung Tengah Andriansyah, kembali mengingatkan kepada seluruh pengurus dan anggota AWPI Kabupaten setempat untuk tetap selalu waspada saat bertugas menjalankan kegiatan jurnalistiknya selama meliput soal kasus wabah Corona Virus (Covid 19). 

Dia menilai, sejak sebulan lebih hingga hari ini para wartawan di Lampung Tengah selalu rutin meliput soal perkembangan virus corona. “Dalam menjalankan tugas liputan agar selalu waspada. Gunakan alat pelindung diri seperti masker dan rajin mencuci tangan, berprilaku hidup sehat. Sehingga kita semua terbebas dari covid-19,” kata Andriansyah Senin (6/4/2020)

Pria yang akrab di sapa Bang Andi menyarankan, dalam peliputan di lapangan selain menggunkan masker, agar melakukan jaga jarak kepada nara sumber dan menghindari kerumunan. Sebab, keselamatan wartawan di lapangan paling penting dan paling utama 

Ia juga meminta pemerintah daerah setempat dapat berkontribusi dalam perlindungan kerja wartawan melalui bantuan alat perlindungan diri (APD) bagi wartawan yang bertugas. Khususnya yang meliput Covid-19 serta kegiatan lainnya.

“Perang terhadap Covid-19 membutuhkan peran serta media dalam menyajikan informasi yang layak dipercaya. Media selayaknya menjadi rumah penjernih informasi bagi publik. Informasi media tidak selalu selaras dengan informasi resmi pemerintah. Karenanya, diperlukan proses saling mengecek dan menguatkan” paparnya.

Disisi lain, Andriansyah menyebut, Covid-19 juga berdampak besar bagi profesi jurnalis atau Wartawan. Khususnya di Kabupaten Lampung Tengah . Dimana, lanjutnya, melemahnya perputaran ekonomi sehingga para insan pers kesulitan dalam mencari kerjasama dalam publikasi pemberitaan. 

“Ini tentu menjadi dilematis bagi kalangan media dan wartawan. Sementara sektor ekonomi semakin melemah di tengah kondisi saat ini. Biro perusahaan media didaerah menargetkan pemasukan ke perusahaan melalui kerjasama kepada pemerintah. Belum lagi soal kewajiban dan tanggung jawab mereka (wartawan) dalam mencari berita” Ujarnya 

Dengan kondisi seperti saat ini, Ketua DPC AWPI Lampung Tengah berharap, pemerintah setempat memperhatikan para insan pers yang telah membantu pemerintah daerah dalam menyajikan imformasi kepada public Misalnya Dengan Menambah dana Advektorial bagi Wartawan atau media secara rutin memberitahkan COvid 19 Kepada masyarakat sebab ini taruhan nyawa ujar Andi dengan nada tegas . 

“Pemerintah daerah diharapkan memberikan ruang kepada para insan pers yang telah membantu menyiarkan progres serta update perkembangan penangananan pencegahan penyebaran Covid-19 di Lampung Tengah . Selain itu, pemerintah setempat juga diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat dengan mengucurkan program-program sosial selama pandemi korona yang belum menentu berakhirnya. Seperti bantuan sembako kepada warga yang layak membutuhkan akibat efek dari pandemi virus korona,” tukasnya 

Inilah saatnya pemerintah setempat juga dapat melaksanakan kewajibannya kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka dengan mengerahkan kekuasaannya untuk menggerakan para pengusaha baik swasta, BUMN dan lainnya yang ada di Lampung Tengah (Rofi)