Miris..!! Sejak Tahun 2021, Sumur Bor Bantuan Untuk Poktan Mekar Sari Tak Berfungsi

0
188

Lampung Timur-Bantuan sumur bor dari Dinas pertanian di desa Gedong Dalam Kecamatan Batanghari nuban kabupaten Lampung timur, yang selama ini di keluhkan oleh petani.ternyata bersumber dari dana DAK Fisik Bidang Pertanian Tahun 2019.

Pembangunan sumur bor yang diperuntukkan bagi Poktan ( kelompok tani ) Mekar Sari desa Gedong Dalam tersebut ternyata selama ini tidak sejalan dengan harapan pemerintah dan anggota poktan yang bersangkutan.

Karna dengan adanya pembangunan sumur bor, bisa meningkatkan produktivitas pertanian bagi kelompok tani mekar sari terutama di musim kemarau. akan tetapi dalam hal tidak sesuai dengan harapan bagi anggota poktan.

Permasalahnya timbul karena dari tahun 2021, Sumur bor itu sudah tidak dapat berfungsi lagi dikarenakan terjadi kerusakan pada mesin Genset.itulah yang dikeluhkan oleh anggota poktan.

Seperti yang diungkapkan oleh salah satu anggota poktan mekar sari. kepada awak media Minggu (9/7/23), dan beliau juga adalah yang memberikan hibah tanah untuk pembangunan sumur bor.

“Sejak tahun 2021 sumur bor itu sudah tidak berfungsi lagi. dan pernah ditahun yang sama diperbaiki oleh ketua kelompok tetapi setelah di lakukan percobaan mesinnya rusak lagi, semenjak itu tidak pernah dilagi dilakukan perbaikan ” ungkapn

” Kami pun anggota poktan sudah berulang kali meminta kepada ketua goktan ( Riko ) agar mesin genset itu segera di perbaiki akan tetapi permintaan kami tidak pernah digubris oleh ketua poktan, sehingga sampai sekarang mesin tersebut di biarkan mangkrak begitu saja padahal untuk biaya perbaikan mesin kami anggota siap menanggungnya” keluhnya

“Ahirnya beberapa hari yang lalu atas inisiatif saya sendiri mesin genset tersebut saya bawa sendiri ke bengkel untuk dibetulkan dan untuk biaya pembetulan mesin gensetnya saya siap menanggung sendiri biayanya” ungkapnya dengan kecewa

“Dan selama ini kami anggota tidak pernah tahu kalau ada dana tersendiri untuk dibiaya perawatan mesin karna tidak pernah dimusyawarahkan. dan Mengenai kerusakan mesin yang disalahkan adalah kami anggota poktan disini kami menyangkal, karena setiap para anggota akan menggunakan mesin selalu mengecek mesin terlebih dahulu. Dan disitu selalu ada ketua poktan atau pengurus lain yang menyaksikannya” tutupnya.

Dilain tempat awak media pun melakukan pengecekan terhadap unit mesin yang ada dibengkel menurut keterangan Yudi montir bengkel tersebut .

“Mesin genset sumur bor sudah selesai diperbaiki tinggal melakukan pengetesan lagi, adapun kerusakan ada beberapa bagian kulit kabel dinamo yang dikerat bintang tikus itu sudah di ganti dengan yang baru.dan ada beberapa bagian baut yang mengalami kelonggaran sehingga mengakibatkan terganggunya arus listrik.” Terang Yudi.( Syam/tim)