Bupati Lampung Tengah Menghadiri Pembukaan Rakernas XV Apkasi 2023 dan Apkasi Otonomi Expo 2023

0
47

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menghadiri acara Pembukaan Rakernas XV Apkasi 2023 dan Apkasi Otonomi Expo 2023 bertempat di ICE BSD pada Kamis 20 Juli 2023. Acara tersebut di buka langsung Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koperasi dan UMKM, Ketua KPK, Ketua Umum Apkasi, Bupati se-Indonesia, Direktur Eksekutif Apkasi, serta tamu undangan. Dalam Kesempatan tersebut juga hadir sebagai pemateri dan narasumber yakni Menko Perekonomian, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Mentri PAN&RB.

Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia memiliki beragam potensi lokal yang terbentang luas di daerah nusantara. Dengan adanya Otonomi Daerah maka setiap pimpinan daerah merupakan suatu kesempatan bagi daerah untuk mengaktualisasikan dan mengoptimalkan potensi yang ada di daerah dan akan memacu pemimpin daerah untuk mengakselerasi pembangunan di daerahnya, meningkatkan kemakmuran, dan mengurangi ketimpangan. Lebih lanjut Wapres menuturkan, guna mewujudkan otonomi daerah yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten diharapkan dapat terus meningkatkan gagasan dan langkah inovatif, baik pada tataran kebijakan maupun penggunaan anggaran yang tepat guna, sehingga pertumbuhan ekonomi daerah yang inklusif dan berkelanjutan dapat terwujud.

Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerjaan Mengungkapkan dalam agenda ini akan dibahas beberapa persoalan yang sudah diakomodasi dalam rapat kerja koordinator wilayah (korwil) Apkasi. Dalam rapat korwil daerah telah menginventarisir isu-isu di daerah untuk dibahas bersama di tingkat nasional, lebih lanjut Sutan menambahkan, ajang ini juga merupakan wujud konkret Apkasi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, melalui kebangkitan ekonomi di daerah. 

Bupati Musa Ahmad yang juga Korwil Apkasi Lampung mengatakan Apkasi merupakan mitra strategis Pemerintah Kabupaten dalam memperjuangkan apresiasi dan kepentingan daerah agar selalu selaras dengan pembangunan nasional, serta menjadi wadah kerjasama yang harmonis dan saling menguntungkan untuk satu tujuan yakni meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Dari pantauan tim Diskominfotik Lampung Tengah selain hadir sebagai peserta Apkasi Otonomi Expo, Lampung Tengah juga mengisi panggung acara dengan berbagai jenis pertunjukan.