Gubernur Lampung Dampingi Walkot Metro Lakukan Tinjauan COE Di 2 SMKN Metro

0
452

Metro – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi didampingi Walikota Metro Achmad Pairin melakukan Peninjauan Center Of Excellence (COE) di SMK Negeri 2 Metro dan SMK Negeri 3 Metro, Rabu (13/01/2021).

Dalam arahannya, Arinal Djunaidi menyampaikan Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat menengah yang sebagian besar lulusan SMK harus disiapkan agar mampu mengantisipasi dinamika kebutuhan tenaga kerja di tingkat regional maupun nasional. Mulai tahun 2020 dilaksanakan revitalisasi SMK, untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan upaya perbaikan kinerja pendidikan secara umum melalui budaya unggul dan budaya kerja sekolah.

“Upaya membangun budaya ini diperlukan kesadaran, komitmen, dan kerja sama semua pihak terutama faktor kepemimpinan dalam hal ini kepala sekolah,” ujarnya.

Arinal menambahkan, mutu SDM sangat penting sehingga SMK harus benar-benar mampu mencetak lulusan yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan kompetensi yang dibuka, sehingga mampu bersaing di pasar bebas, baik pasar lokal maupun internasional.

“Harapannya kedepan Provinsi Lampung menjadi salah satu pengekspor tenaga kerja profesional yang memiliki kompetensi khusus dan ahli di bidangnya. Maka dari itu, saya mengajak untuk tingkatkan dan wujudkan SDM yang unggul menuju Indonesia maju, Lampung jaya bersama SMK,” tutup Arinal. (Jef)