Mustopa Sebar Syariat Islam melalui Seni Lukisan Kaligrafi

0
159

Lampung Tengah – Selain untuk menebarkan sariat islam secara logistik juga untuk mencari nafkah kehidupan sehari-hari untuk keluarganya. Hal itu tercurahkan dari sosok warga desa Gaya Baru II Kecamatan Seputih Surabaya Kabupaten Lampung Tengah bernama M. Mustopa Alumni Santri Salah satu Pondok Pesantren yang berada di pulau jawa.


Di sela kesibukannya membuat Kaligrafi Mustopa Sapaan akrabnya mengatakan bahwa pembuatan Kaligrafi tersebut sudah di gelutinya sejak tahun 90an lalu, namun pada 2004 lalu ia memulai pembuatan di rumahnya Pribadi yakni Kaligrafi Timbul ‘Bubur Kertas’.


“Kalo dulu dari 90an sudah mengeluti dunia ini, tapi itu jawa. Kalo di sini sejak 2004” katanya


Selain itu, mustopa juga mengatakan bahwa usahanya tersebut sempat tersendat akibat keterbatasan dana dan kecelakaan yang ia alami saat berkendara.


“Kemarin sempat berhenti beberapa tahun karna kecelakaan, sempat oprasi beberapa kali, sehingga untuk modal juga habis untuk biaya berobat” lanjutnya sembari ia melanjutkan melukis


Pada kesempatan itu juga, Mustopa juga menjelaskan bahwa pada Kaligrafi yang ia buat saat ini baru satu jenis bentuk kaligrafi dari beberapa keahlian yang ia punya.


“Ini baru satu jenis dulu, karna itu tadi dananya gak memungkinkan, saat ini kita buat Kaligrafi dengan dimensi timbul Bubur Kertas” ungkapnya


Selanjutnya mustopa mengatakan untuk rencana ke depan akan membuat kerajinan tangan lainnya, jika modal sudah terkumpulkan.


“Nanti jika dana modal memungkinkan insyaallah kita juga akan buat miniatur bunga khiasan dinding dengan tiga dimensi. Jadi dalam miniatur khiasan dinding itu nanti akan kita buat lukisan juga dgn berbagai lukisan, sehingganya kesannya tiga dimensi dan tentunya tetap kita selipkan pesan-pesan islaminya” pungkas mustopa


Untuk di ketahui untuk Kaligrafi Timbul Bubur kertas Saat ini yang ia geluti melalui beberapa tahapan di antaranya.

1. Membuat dimensi timbul dengan melukiskan langsung dengan bubur kertas yang ia siapkan

2. Pemberian warna Dasar

3. Pemberian warna lapisan dimensi Lukisan sesuai selera

4. Pemberian Warna Penajam pada tulisan Kaligrafi

5. Proses akhir yakni dengan pembingkain


Untuk saat ini pemasaran yang ia jajakan baru di seputaran lampung Tengah saja khususnya kecamatan Seputih Surabaya dan berjumpa Online pada Facebook pribadi milik anaknya. Bukan sampai di situ saja M. Mustopa juga menerima pesanan pembuatan Kaligrafi sesuai dengan keinginan pemesan dan pesanan lukisan dalam bentuk lainnya.Untuk warga yang hendak ingin memesan atau melihat gambar berbagai bentuk lukisan dapat menghubungi pada no telpon/Watshapp ini : 082281614568 / 082372253900. Dan untuk kisaran harga kali grafi di buatnya mulai dari Rp. 150.000 sampai dengan Jutaan rupiah. Sesuai dengan ukuran dan kerumitan Kaligrafi pemesan. (Aer)