Mantap..! Mahasiswa KKN PDMD Universitas Lampung Gelar Sosialisasi Pembuatan Lampu Jalan Gratis Berbasis Tenaga Surya

0
62

Lampung Timur – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Putra Daerah Mandiri Daring (KKN PDMD) Universitas Lampung (UNILA) periode 1 Tahun 2021 melakukan sosialisasi pembuatan Lampu Jalan Gratis Otomatis berbasis Sel Surya dan Sensor LDR di Desa Tanjung Tirto, Kecamatan Way Bungur. (09/03/2021).

Koordinator Desa (KorDes) Al Hamid Yusuf mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan bentuk program kerja yang dilakukan Mahasiswa KKN Unila Periode 1, khususnya di Desa Tanjung Tirto, Way Bungur.

“Dikarenakan sangat penting nya penerangan yang di butuhkan oleh semua orang maka Tujuan dari Program Kerja ini yaitu agar masyarakat desa Tanjung Tirto dapat memiliki Lampu Jalan Gratis Otomatis sehingga jalan raya yang ada di tanjung Tirto ini mendapatkan penerangan yang cukup dengan gratis,” kata Hamid.

Menurutnya, dengan adanya sosialisasi pembuatan Lampu Jalan Otomatis ini, di harapkan dapat membantu seluruh masyarakat desa untuk mempunyai Lampu Jalan Gratis Otomatis dalam memenuhi kebutuhan penerangan yang cukup.

“Ya, kan jika kita menggunakan listrik PLN maka akan mengeluarkan banyak biaya terutama dalam pembelian kabel, lampu AC, Pulsa harian nya dll, oleh karena itu kami dari mahasiswa KKN membuat inovasi untuk membuat Lampu Jalan Gratis Otomatis dengan berbasis Sel Surya dan sensor LDR yang dapan mengikis biaya hampir 50% nya” jelasnya.

Selain itu, dalam sosialisasi tersebut, Mahasiswa KKN menjelaskan cara pembuatan Lampu Jalan Gratis Otomatis yang berbasis Sel Surya dan sensor LDR.

“Bahan-bahannya itu ada, Sel Surya, Sensor Cahaya (LDR), Mosfet IRFZ44N, Resistor 100K, Lampu LED DC, Baterai 3,7V 3 buah, DC step up, Modul charger TP 2024, LM 7805, Dan kabel Secukupnya,” pungkasnya. (*)