P3A Sri Makmur Jadi Perwakilan Lampung Ikuti Lomba Tingkat Nasional

0
104

Lampung tengah – Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Sri Makmur Kampung Ratna Chaton Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah menjadi perwakilan Provinsi Lampung untuk mengikuti Lomba Evaluasi Penguatan Kelembagaan Tingkat Nasional tahun 2023 setelah menyisihkan peserta dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Berdasarkan surat dari Kementerian PUPR nomor : PR 0101-DA/1038 tanggal 12 Juni 2023, Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Lampung Tengah melakukan seluruh tahapan seleksi yang dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten Lampung Tengah, pembinaan dan pembekalan, penguatan materi unggulan, pembuatan video dan materi paparan yang selanjutnya memfasilitasi P3A Sri Makmur melakukan paparan di Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung pada tanggal 10 Juli 2023.

Beberapa manfaat yang langsung dirasakan oleh masyarakat/petani dari P3A selama ini antara lain kelancaran air irigasi tingkat sekunder sampai tersier, pengawasan dan perawatan ringan saluran irigasi tingkat tersier dan saluran irigasi di wilayahnya, bersama instansi terkait melaksanakan jadwal tanam yang telah ditetapkan pemerintah, keteraturan mengalokasikan air di tiap petak sawah yang pada akhirnya akan mensukseskan program pemerintah yaitu Lampung menjadi lumbung pangan nasional. Hal ini sesuai dengan komitmen Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad selaku Ketua Paguyuban Petani Pemakai Air (P3A) Kabupaten Lampung Tengah dalam membina P3A.

Sekretaris Dinas SDA Lampung Tengah M. Abdi Hans, A.Ma., P.K.B., S.I.P., M.H. yang mewakili Kadis SDA didampingi Kabid Penatagunaan Sumberdaya Air Reza Rompi Saleh, S.T., M.T. saat diwawancarai mengatakan beberapa hal yang menjadikan Kelompok Petani Pemakai Air (P3A) Sri Makmur dengan perwakilan tiga anggotanya yaitu Ketua Sutoyo, Sekretaris Parlan dan Bendahara Wayan Pinatra terpilih mewakili Provinsi Lampung karena kelembagaan sudah berbadan hukum, memiliki Kantor Sekretariat dan administrasi yang baik, adanya inovasi dan kearifan lokal berupa Mapak Toyo yang dilakukan setiap awal musim tanam.

Adanya inovasi tanam benih langsung dan mampu memanfaatkan sumberdaya air yang terbatas dengan menggunakan benih padi yang minim penggunaan air, mampu merawat dan menjaga saluran irigasi dengan gotong royong, mampu mengkoordinir anggotanya secara efektif dan efisien saat masa rawat pengolahan sawah yang menjadikan pendistribusian air menjadi efektif. Selanjutnya Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung yang diwakili oleh Ketua Unit Pengelola Irigasi Wilayah Sekampung Firdy Hamzah, S.T., M.T. menyampaikan selamat kepada P3A Sri Makmur Kabupaten Lampung Tengah di bawah binaan Dinas Sumber Daya Air Kabupaten Lampung Tengah, Firdy Hamzah, S.T., M.T. berharap dengan penguatan kelembagaan P3A yang menjadi ujung tombak pendistribusian air di tiap petak sawah akan mempercepat terwujudnya program pemerintah di bidang pertanian. Firdy Hamzah, S.T., M.T. menambahkan untuk lomba tingkat nasional akan dilakukan oleh tim penilai dari Kementerian PUPR sesuai jadwal yang telah ditentukan, harapan kami selaku perwakilan BBWS bersama-sama kita mempersiapkan diri untuk mendapatkan prestasi tingkat Nasional, tegas Firdy. (*)