Sekda Way Kanan Ikuti Rakor Kesiapan Vaksinasi C-19 Dan Penegakan Prokes Th 2021

0
44

Way Kanan – Sekretaris Daerah Kabupaten Way Kanan, Saipul S.Sos., M.IP Bersama Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto, SKM., M.Kes mengikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi Covid 19 dan Kesiapan Penegakan Protokol Kesehatan Tahun 2021 secara virtual di ruang rapat setdakab, selasa (05/01/2021)

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh menteri dalam negeri, Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D bersama menteri kesehatan, Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU

Pada Kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan agar seluruh kepala daerah untuk berperan aktif dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terkait protokol kesehatan dan adanya vaksinisasi covid-19 sehingga tidak ada keributan ataupun kerumunan massa ketika vaksinisasi sudah siap diberlakukan.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa berdasarkan tugas yang diberikan oleh Presiden Jokowi dalam jangka pendek yaitu menyelesaikan persoalan vaksinasi dengan baik dan mengatasi pandemi dengan secepat-cepatnya.

“Oleh karena itu kita akan membahas vaksinasi. dari seluruh jumlah penduduk Indonesia terdapat 181 juta  yang menjadi target vaksinasi kita,” ucapnya.

Hal tersebut berdasarkan jumlah dari 290 juta penduduk Indonesia di atas usia 18 tahun ada 188 juta, kemudian dari 188 juta tersebut dikeluarkan seperti jumlah penduduk yang sedang hamil, atau yang memiliki komorbid yang banyak, dan sudah pernah terkonfirmasi Covid-19 sehingga terdapat 181 juta yang menjadi target vaksinasi.

Menteri Kesehatan menambahkan Karena vaksinasi membutuhkan dua proses maka dari jumlah 181 juta tersebut di kali dua sehingga total vaksin sekitar 362, kami juga menambahkan sekitar 15 persen sehingga total ada sekitar 426 juta vaksin,

“Sehingga menurutnya, dosis yang dibutuhkan masyarakat Indonesia sekitar 426 juta vaksin. Ditambahkannya, persaingan untuk mendapatkan vaksin di dunia sangat tinggi. Indonesia termasuk negara yang mendapat vaksin” Ucapnya

“Butuh proses mengantri untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini. Alhamdulillah Indonesia dan beberapa negara sudah memperoleh vaksinasi dengan cepat” Lanjut menkes

Menkes menyampaikan bahwa di Indonesia sudah tersedia empat jenis vaksin diantaranya dari China yaitu vaksin sinovac, dari Amerika, Kanada yaitu vaksin Novavax, dari Inggris yaitu vaksin astrazeneca, dan dalam waktu dekat vaksin pfizer.

“Total ada 270 juta vaksin yang pasti dan lainnya masih berupa opsi, sehingga pengadaan vaksin masih dibutuhkan proses untuk mencapai 426 juta” Ucapnya. (Jef)