Sosialisasi Sapu Bersih Pungli Tahun 2020 Berlangsung Di OR Setda

0
375

Metro – Inspektorat Kota Metro, Adakan Sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) , Untuk membentuk tim saber pungli yang bertujuan memulihkan kepercayaan publik, memberikan keadilan dan kepastian hukum, dan mewujudkan Kota Metro sebagai kota bebas dari pungutan liar, yang berlangsung di OR Setda, Senin (28/12/2020).

Adapun dasar hukum kegiatan adalah Perpres no. 87 tahun 2016 tentang satuan tugas saber pungli, dan Instruksi Mentri Dalam Negeri no. 180/3935/Sj tentang pengawasan pungli dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Tugas Pokok dan fungsi saber pungli adalah untuk melaksanakan pemberantasan pungli secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan , satuan kerja dan sarana prasarana baik yang berada di Kementerian/lembaga maupun Pemerintah Daerah. Satgas ini terbuka terhadap pelibatan masukan dari masyarakat langsung, sehingga bukan hanya satgas dan unit saber pungli yang mencari tempat adanya pungli melainkan masyarakat diminta untuk ikut aktif melaporkan. Kemudian Intelejen, pencegahan dan sosialisasi, penindakan serta yustisi dalam menjalankan tugasnya satgas saber pungli diberikan kewenangan untuk melakukan operasi tangkap tangan.

Sementara itu, Sambutan Walikota Metro yang dalam hal ini disampaikan oleh Pj. Sekda Kota Metro menyampaikan bahwa praktik pungli tentunya dapat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat, berbagai dan bernegara. Oleh sebab itu, Pemkot memandang perlu untuk melakukan berbagai upaya nyata dalam melakukan pemberantasan tegas secara terpadu sehingga dapat menimbulkan efek jera kepada para pelakunya. Keberadaan satgas saber pungli diharapkan dapat merubah pelayanan publik yang semula kurang baik menjadi lebih baik, sehingga khususnya dilingkungan ASN mampu mewujudkan prinsip Good Governance Dan Cleaner Governance secara bersama.

“Kepada peserta sosialisasi, kami minta untuk dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya sehingga akan mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan seputar saber pungli. Setelah kegiatan ini berakhir, hendaknya dapat mensosialisasikan kembali, kepada peseta yang tak sempat hadir, sehingga tercipta pemahaman secara luas mengenai saber pungli, “. tandasnya. (Jef)