Terima DIPA 2021, Bupati harap seluruh Pejabat dapat laksanakan program dengan maksimal

0
9

Lampung Barat – Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Wasisno Sembiring , SE., MP Menyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2021 Bertempat di Aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa. Selasa (08/12/2020).

Acara tersebut turut dihadiri Assisten I Kabupaten Pesisir Barat, Perwakilan Polres Lampung Barat (Lambar), Kepala Kejaksaan Negeri Lambar, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Lambar, Kepala Kemenag Pesisir Barat (Pesbar), Kepala Pengadilan Negeri (PN) Liwa dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lambar.

Dalam acara tersebut Selain Penyerahan Dipa Petikan Satuan Kerja, dilakukan pula Penandatanganan Pakta Integritas di lingkup KPPN Liwa tahun anggaran 2021 kepada Polres Lambar, Kemenag Lambar, Kejaksaan Negeri Lambar, Kemenag Pesbar, PN Liwa dan BPS Lambar yang diserahkan langsung oleh Assisten l Wasisno Sembiring.

Dalam sambutan Bupati Lambar Hi.Parosil Mabsus yang dibacakan oleh Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring mengatakan, DIPA berfungsi sebagai alat pengendali, pelaksanaan, pelaporan, pengawasan, dan sekaligus merupakan perangkat akuntansi pemerintah.

“DIPA menunjukkan bahawa komitmen pemerintah ini menunjukkan bahwa agar pembangunan berlangsung makin cepat, makin merata dan berkeadilan sehingga masyarakat lampung Barat dapat merasakannya secara langsung,”. Ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menaruh perhatian besar menyangkut anggaran tersebut. Bupati berharap seluruh pejabat dapat melaksanakan program kerja yang telah direncanakan dapat berorientasi pada hasil maksimal.

“Saya berharap semua pejabat dapat melaksanakan program kerja yang telah direncanakan dengan mengelola anggaran tahun 2021 dengan lebih akuntabel, profesional, transparan, efektif dan berorientasi pada hasil yang maksimal,”. Tegasnya.

Selanjutnya, Bupati mengajak seluruh stalkholder selalu bekerja sama dan memberi dukungan dalam mewujudkan cita-cita Kabupaten Lambar, khususnya dalam penyelenggaraan pemerintah demi terwujudnya Lambar hebat dan sejahtera.

“Saya mengajak untuk selalu bekerjasama dan memberikan dukungan, dalam mewujudkan cita-cita Kabupaten Lampung barat, khusunya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan kabupaten lampung barat demi terwujudnya masyarakat Lampung Barat hebat dan sejahtera,”. Tutupnya.

Sementara itu, Joni Imron, S.Si., M.H. selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Barat mengutarakan, Proses penyerahan DIPA dan Daftar Alokasi TKDD ini dilaksanakan lebih awal dengan harapan agar dapat mendukung penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi, dan berbagai priontas pembangunan strategis.

Akselerasi belanja APBN telah mampu mendorong kembali pertumbuhan ekonomi yang terpukul berat oleh Covid-19 pada triwulan kedua.

“Momentum perbaikan ini perlu terus dijaga sebagai modal pemulihan ekonomi di tahun 2021,”. Ujarnya.

Selanjutnya Ia mengatakan bahwa penyerapan anggaran di tahun 2020 cukup menggembirakan. “Dimana sampai dengan pagi ini sudah terserap sebesar 94,5% atau sebesar 604, 6 M dari total pagu sebesar 639,4M untuk 31 satuan kerja Insyaallah akan semakin mendekati 100% pada akhir tahun 2020 ini,”. Tambahnya.

Terakhir Ia mengharapkan, agar DIPA tahun 2021 dapat segera ditindaklanjuti sehingga kegiatan dapat dilaksanakan segera di awal tahun 2021. Sehingga pada tahun 2021 mendatang, kinerja pelaksanaan anggaran masing-masing Kementerian/lembaga dan Pemerintah Daerah dapat ditingkatkan menjadi semakin berkualitas sesuai dengan capaian dan output yang telah di tetapkan.

“Kami berharap dapat terus meningkatkan sinergi lintas sektoral dan menjalin koordinasi serta komunikasi yang lebih intensif lagi guna mewujudkan Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi,”. Tutupnya. (Jef)