Ketua Umum PWI “Budaya Merupakan karakter dan Identitas Bangsa”

0
908

BANJARMASIN–Ketua Umum PWI Atal S Depari menegaskan bangsa ini harus dibangun dengan pendekatan budaya. Dengan begitu, generasi penerus bangsa ke depannya akan mampu berkompetisi secara global dengan berkarakter serta identitas NKRI.

“Kita harus membangun bangsa ini dengan pendekatan budaya. Tujuannya agar bangsa ini memiliki identitas dan berkarakter di tengah derasnya hantaman arus globalisasi,” tegas Atal S Depari saat membuka dialog Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2020 di Hotel Mercure, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat 7 Februari 2020.

Dialog ini mengangkat tema Pemajuan Kebudayaan di Kabupaten/Kota: Peluang dan Tantangan. Dialog menghadirkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi sebagai keynote speaker dan Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh.

Hadir juga sejumlah bupati, wali kota dari berbagai daerah di Provinsi Kalimantan Selatan. Termasuk juga kepala daerah penerima anugerah kebudayaan PWI Pusat hadir menjadi pemateri menaparkan konsep pembangunan berkebudayaan di wilayahnya masing-masing.

Ketua Umum PWI mengatakan pemberian anugerah kebudayaan kepada kepala daerah yang konsen dalam melakukan pembangunan dengan pendekatan budaya ini akan berlanjut selama masa kepemimpinannya.

‘Ini akan diadakan setiap tahun agar setiap bangsa republik ini memiliki kebudayaan yang berkepribadian. PWI mencintai budaya, karena itu, PWI bangga sekali melihat bapak-bapak semua yang telah membangun dengan menggunakan pendekatan budaya,” tegas Atal S Depari.

Pada kesempatan itu, Ketum PWI juga sempat mencandai Menko PMK Muhadjir Effendi. Dimana menurutnya Muhadjir Effendi merupakan mantan wartawan.

Pada saat menjadi wartawan aktif, Menko PMK pernah mengajukan diri untuk menjadi anggota PWI. “Namun sampai beliau menjadi menteri, saya cek ternyata masih berstatus calon anggota,” kata dia.

Untuk itu, ia pun akan memberikan Muhadjir Efendi kartu anggota kehormatan PWI. “Pak Muhadjir ini mantan wartawan jadi jangan ragu-ragu berdialog dengan beliau. Saya juga akan memberikan beliau kartu anggota kehormatan PWI,” ujarnya disambut tepuk tangan peserta dialog.

Lebih lanjut, Atal mengatakan 10 kepala daerah pemenang anugerah kebudayaan akan diberikan award oleh Menko PMK di hadapan Presiden RI Joko Widodo, Sabtu 8 Februari 2020.

Dari 540 kabupaten/kota se Indonesia, terdapat 10 kepala daerah mendapat anugerah kebudayaan PWI Pusat. Bupati Tulangbawang Barat Umar Ahmad menjadi salahsatu kepala daerah yang menjadi pemenang dan akan menerima anugerah kebudayaan PWI pusat besok. (*)