Sosialisasi Dan Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran Rutan Sukadana, Gandeng BPBD Dan Damkar

0
154

Sukadana – Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Sukadana menggelar sosialisasi dan simulasi tanggap darurat kebakaran.

Dalam kegiatan tersebut Rutan Kelas llB Sukadana bekerjasama dengan Bada Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Timur dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Lampung Timur.

Acara tersebut berlangsung di Aula Rutan Kelas llB Sukadana dan ini diikuti oleh Kepala Rutan Kelas IIB Sukadana, Abdul Aziz, Jajaran Pejabat Struktural, seluruh Petugas Rutan Sukadana serta seluruh Warga Binaan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Rutan Kelas IIB Sukadana, Abdul Aziz usai melakukan kegiatan sosialisasi dan simulasi tanggap darurat kebakaran, Senin 22 Mei 2023.

Kepala Rutan Sukadana, Abdul Aziz mengungkapkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu dalam proses penyelenggaraan pelayanan pemasyarakatan.

“Hal ini kita lakukan dari segi aspek keamanan dan keselamatan,” ujar Abdul Aziz.

Abdul Aziz menjelaskan, bahwa peristiwa kebakaran ini sejatinya dapat terjadi dimana saja dan kapan saja.

“Salah satunya di Rutan Sukadana. Serta kondisi Rutan Sukadana yang Over Kapasitas jumlah penghuni,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan adanya over kapasitas di Rutan Sukadana ini tentunya akan meningkatkan potensi bahaya kebakaran, apabila dikombinasikan kurangnya pengetahuan tentang kesiapsiagaan.

“Sehingga dapat mengakibatkan risiko bahaya baik itu bagi warga binaan maupun petugas,” tandas Abdul Aziz.

Selain itu, Abdul Aziz juga menjelaskan bahwa manajemen tanggap darurat ini sangatlah penting, hal ini disebabkan kondisi bangunan Rutan Sukadana yang didesain agar penghuni tidak mendapatkan akses keluar.

“Karenanya apabila terjadi kebakaran perlu adanya kebijakan dan tindakan yang dapat melindungi baik nyawa manusia maupun asset-aset penting,” tuturnya.

Pihaknya juga berharap, Rutan Kelas llB Sukadana bisa menjaga sinergitas dengan pihak terkait untuk rutin melaksanakan sosialisasi dan simulasi tanggap darurat kebakaran.

“Dengan diadakannya sosialisasi dan simulasi ini diharapkan agar Petugas dan Warga Binaan mendapatkan pengetahuan terkait mitigasi ataupun penanganan tanggap darurat jika terjadi kebakaran,” pungkasnya. (Arm)